TUGAS 3

Pengertian Bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Menurut Mahmud Machfoedz bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang atau menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu.

Sacara umum, bisnis adalah beragam kegitan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut dalam bentuk keuntungan.

Manfaat Bisnis Bagi Kehidupan Saya

Meskipun saya bukan seorang businessman, namun manfaat bisnis sangat terasa. Dengan adanya bisnis, saya bisa memenuhi kebutuhan hidup saya. Bayangkan jika tidak ada bisnis, mungkin saya harus memenuhi kebutuhan saya dengan kemampuan saya sendiri. Namun, sebagai manusia saya memiliki kemampuan yang saya miliki sangat terbatas dan pada akhirnya saya membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan saya. Maka dari itu jasa para pebisnis sangat bermanfaat bagi saya. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh bisnis sangat besar bagi berlangsungnya kehidupan saya.

Sabagai mahasiswa, sudah saatnya saya untuk mulai melek bisnis. Karena mahasiswa merupakan jiwa muda yang bisa melahirkan ide-ide kreatif dan tentunya masih memiliki semangat yang sangat besar untuk menjadi seorang pebisnis. Walaupun sulit bagi mahasiswa untuk membagi waktu antara belajar dan berbisnis. Namun, kecanggihan teknologi saat ini, bisa menyelesaikan masalah tersebut. Seperti solusi yang diberikan oleh internet yaitu dengan bisnis online.

Sangat besar manfaat bisnis bagi mahasiswa. Selain untuk menambah uang saku, bisnis juga bisa meningkatkan soft skill, mengasah jiwa wirausaha, meningkatkan keberanian memulai usaha, mendapat dukungan modal dan pendampingan secara terpadu. Selain untuk diri sendiri. Bisnis bagi mahasiwa sangat bermanfaat dalam pembangunan negara. Bisnis mahasiswa bisa menciptakan unit bisnis baru berbasis IPTEK, meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa khususnya sense of business sehingga akan tercipta wirausaha-wirausaha muda potensial, menumbuh kembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi, membangun jejaring bisnis antara pelaku bisnis wirausaha pemula dengan pengusaha (terutama UKM) yang sudah mapan.

Bagi mahasiswa bisnis bukan hanya tentang keuntungan, tapi juga tentang karya. Karya yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Karya yang bisa menginspirasi orang lain untuk melahirkan karya-karya baru lainnya. Ya, karya tersebut akan menyebar seperti virus. Dari satu karya akan melahirkan satu karya lainnya, dan terus lahir karya-karya baru.

Pada intinya manfaat bisnis sangat besar bagi kehidupan saya dan orang-orang disekitar saya. Saya juga termasuk orang yang di hidupi oleh bisnis, karena orang tua saya juga seorang pebisnis. Sebesar apapun manfaat bisnis, rasanya akan sia-sia jika tidak ada keberkahan Allah di dalamnya. Maka dari itu selain mendapatkan keuntungan, dan menciptakan karya, keberkahan yang di dapatkan dari Allahlah yang membuat bisnis sangat berpengaruh bagi kehidupan saya.

Source :

http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

http://sheentazone.blogspot.com/2010/10/pengertian-bisnis-dan-jenisnya.html

http://infoduit.com/manfaat-wirausaha-untuk-mahasiswa

Tinggalkan Balasan

