TUGAS 4

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Iklim Bisnis Indonesia

  • Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja

Tenaga kerja dan produktivitas tenaga kerja, sangat berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Karena tenaga kerja memiliki peranan penting dalam dunia bisnis. Dengan tenaga kerja yang handal dan berproduktivitas tinggi maka akan menciptakan suatu iklim yang baik dalam dunia bisnis Indonesia.

Contohnya, apabila kualitas tenaga kerja di Indonesia rendah, maka perusahaan-perushaaan di Indonesia akan kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing, yang tentunya bisnis di Indonesia akan di kuasai oleh perusahaan asing.

  •  Perekonomian Daerah

Pekonomian daerah bisa mempengaruhi iklim bisnis. Pada saat perekonomian daerah sudah berkembang, maka kegiatan bisnis akan merata dan kondusif.

Contonya, jika masih banyak daerah yang perekonomiannya tidak stabil, maka pengaruh ini akan berdampak pada ketidakmerataan kesejahteraan penduduk yang berakibat pada ketidakstabilan iklim bisnis Indonesia

  •  Infrastruktur Fisik

Dalam bisnis infrastruktur berpengaruh dalam pendistribusian suatu barang. Apabila infrastruktur memadai maka proses proses pendistribusian barang bisa berjalan lancar  dan tentunya kegiatan bisnispun akan berjalan lancar. Begitupun sebaliknya.

Contohnya, moda transportasi penyebrangan antar pulau yang tidak tertata dengan baik mengakibatkan pendistribusian barang terhambat. Karena truk tertahan di pelabuhan.

  •  Kondisi Sosial Politik

 Kondisi sosial politik yang tidak stabil akan membuat para investor tidak menanamkan    modalnya yang berdampak pada ketidakstabilan dunia bisnis.

Contohnya, pada saat sebelum reformasi kondisi social politik di Indonesia sangat tidak stabil dan berdampak pada perekonomian Indonesia

  •  Pemerintah

Di Indonesia pemerintah sangat berperan penting dalam dunia bisnis. Peran pemerintah dalam dunia bisnis salah melalui kebijakan birokrasi. Kebijakan birokrasi yang kurang baik akan berpengaruh terhadap iklim bisnis.

Contohnya, Kegiatan bisnis sering tertunda karena untuk melakukan bisnis di Indonesia butuh waktu yang lama, untuk mengurus perizinan berbelit-belit dengan biaya tidak sedikit.

  • Teknologi

Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap iklim bisnis di dunia termasuk di Indonesia. Perkembangan teknologi yang pesat mempengaruhi perusahaan-perusahaan untuk memproduksi barang dengan efektif dan efisien.

Contohnya, perusahaan dengan menggunakan teknologi tinggi produk yang di hasilkannya akan lebih banyak di bandingkan perusahaan yang menggunakan tenaga manusia.

Source

http://www.ekonomikabisnis.com/1891/peta-perekonomian-indonesia.html

Kuncoro (2006) via:

http://khilafah1924.org/index.php?option=com_content&task=view&id=331&Itemid=47

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s