Proud of Indonesia

            Banyak hal yang menarik yang bisa kita bicarakan tentang Indonesia. Disaat Negara lain memuji Indonesia dengan keragaman warisan budaya, dan ketahanan ekonomi disaat krisis melanda dunia saat ini. Namun, sumpah serapah, cacian dan makian justru keluar dari mulut orang-orang yang katanya cinta tanah air. Korupsi yang semakin megakar, kesenjangan sosial yang tinggi dan system pendidikan yang bobrok, menjadi alasannya. Padahal seandainya masyarakat membuka mata,  Indonesia tidak seburuk yang mereka bayangkan. Sebagus atau sebaik apapun sebuah Negara, jika warganya selalu berprasangka buruk terhadap negerinya sendiri, tentu saja Negara tersebut akan tetap buruk dimata warganya. Dalam tulisan ini saya akan mengajak anda untuk melihat sisi lain dari Indonesia.

Sistem Ekonomi  

            Tentu masih ingat di benak kita, krisis ekonomi yang melanda kawasan asia tenggara di tahun 1998. Saat itu perekonomian Negara Indonesia paling babak belur di bandingkan Negara lain terkena dampak krisis. Tentunya ini berdampak pada masyarakat secara langsung. Saat itu juga banyak perusahaan yang gulung tikar, terjadi PHK besar-besaran dan harga barang di basaran merangkak naik. Masyarakat sangat terpukul masalah ini pun membuat rezim orde baru di gulingkan. Negara Indonesia mulai bangkit. Era revormasi membuat pemerintahan Indonesia mengalami banyak perubahan. Bukan hanya itu saja, perekonian Indonesia pun semakin pulih. Bahkan ketika krisis ekonomi yang menghantam global sampai dengan saat ini. Pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di 6,23%. Padahal pertumbuhan ekonomi Negara maju seperti Amerika dan Negara-negara eropa sangat sedikit. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di posisi ke 16. Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga di prediksi berada di urutan ke 7 di tahun 2030. Ini menunjukkan bahwa Negara Indonesia bisa menjadi Negara maju.

Seni dan Budaya

            Negara Indonesia membentang dari sabang sampai merauke. Dengan wilayah yang sangat luas dan memliki jumlah penduduk terbanyak ke empat di dunia. Tentunya Negara Indonesia memiliki beragam seni dan budaya. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai budaya Indonesia yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Seperti batik, angklung tari saman dan lain-lain. Dari dunia kuliner Indonesia patut berbangga. Dua hidangan khas yakni rendang dan nasi goreng ditempatkan dalam jajaran teratas makanan paling lezat di dunia (World’s 50 Most delicious Foods) versi CNN. Hal ini berdasarkan survei para pemerhati stasiun berita CNN, yang dimuat di situs CNNGo. Survei itu dihimpun melalui akun CNN di situs jejaring sosial Facebook. Populernya rendang khas Padang ini disusul nasi goreng di urutan kedua dan Sushi dari Jepang di urutan ketiga. Survei sebelumnya, peringkat pertama makanan terlezat di dunia adalah Massaman curry asal Thailand. Hasil survei yang dimuat di laman situs CNN ini melansir 50 makanan terenak di dunia ini menghasilkan rendang sebagai juaranya. “Setelah menjaring lebih dari 35.000 suara, makanan paling enak di dunia bukan Massaman curry, yang kami sarankan, tapi hidangan daging berbumbu yang pedas dari Sumatera Barat,” demikian hasil survei CNN.

Source: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/11/09/11/lrc4yu-cnn-rendang-masakan-terlezat-di-dunia-tambo-cie-dah

Pariwisata

            Indonesia di kelilingi oleh lautan yang sangat luas. Dan pariwisata bawah laut menjadi pariwisata unggulan di Indonesia seperti Raja Ampat. Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan. Dua hari sebelumnya, saat Anda berada di Bali yang ramai sekaligus sakral berbalut seni maka naiklah pesawat menuju ujung kepala burung Pulau Papua. Selanjutnya, bersiaplah untuk sebuah petualangan yang takkan terlupakan. Mulailah tur Anda dari sini dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertical itu. Rasakan juga ketegangan menyelamnya, berdebar-debar saat terombang-ambing arus laut. Itu pastinya akan menjadi pengalaman pribadi yang tak terlupakan di Raja Ampat.Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.

Source: http://www.indonesia.travel/id/destination/248/raja-ampat

Transportasi

            Bicara soal transportasi tidak akan pernah lepas dari masalah polusi udara dan kerusakan lingkungan. Sejatinya transportasi adalah untuk mendukung mobilisasi, memindahkan sesuatu dari satu tempat ketempat lain. Dengan semakin tingginya mobilitas terutama di kota-kota besar, menuntut pemerintah untuk membuat trasportasi umum yang lebih baik. Di temgah-tengah kota Jakarta yang sedang rebut dengan transportasi canggih seperti MRT dan Monorail. Ada yang berbeda di salah satu daerah penyangga ibu kota yaitu Depok. Pemandangan berbeda terlihat di transportasi yang bernama angkot. Pemerintah kota Depok memasang tong sampah di dalam angkot. Memang agak sedikit kurang enak di pandang. Namun ini merupakan suatu kebijakan yang prolingkungan. Ini mendidik masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan. Selama ini sebenarnya masyarakat sangat sadar untuk menjaga lingkungan. Terutama untuk membuang sampah pada tempatnya, namun karena sarana untuk membuang sampah pada tempatnya ini kurang, masyarakatpun jadi buang sampah sembarangan. Dan pemerintah Kota Depok memberikan satu terobosan dengan memberikan fasilitas terutama transportasi umum. Agar pengguna angkutan umum tidak membuang sampah di bawah jok atau bahkan ke jalan raya.

            Jadi, apakah kita masih akan mencaci negeri kita sendiri? sudahlah bukan saatnya lagi untuk terus menyalahkan siapapun. Sekarang saatnya kita untuk melakukan aksi, dan berkontribusi untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik. GUE BANGGA MENJADI BAGIAN DARI INDONESIA !!!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s